21 Januari 2012

Ujung Genteng : "Cikaso, Hidden Paradise"

foto bareng di Curug Cikaso
Agak lebay juga sih judul postnya, tapi biarin deh, haha... Masih sambungan dua post sebelumnya, cuma karena kemarin emang lagi males buka blog jadi baru sempet dipost sekarang. Di hari ketiga trip kami di Sukabumi, tempat tujuan kami adalah Curug Cikaso. Letaknya tidak jauh dari Surade, kira-kira 1jam perjalanan naik kendaraan bermotor.

Setelah mandi dan ngopi-ngopi di Terminal Surade, kami berangkat ke Cikaso dengan mencarter angkot milik Pak Budi, tarifnya Rp170.000,- orang untuk bolak-balik dan bapaknya juga nunggu selama kami main-main di Curug. Kami berangkat dari Terminal Surade sekitar pukul 6 pagi dan sampai ke Cikaso pukul 7 pagi. Untuk menuju ke Curug, ada dua jalan yg bisa ditempuh, naik perahu atau "blusukan" lewat sawah. Kami memutuskan untuk naik perahu, dengan sewa Rp80.000,-. Sebenarnya 1 perahu maksimal hanya untuk 10 orang, tapi karena kami hanya kelebihan satu, jadi biayanya tambah Rp8.000,-. Kami naik perahu dari sebuah sungai besar yang airnya berwarna coklat dan kayaknya dalem banget, soalnya airnya tenang. Setelah itu kami masuk ke sungai yang lebih kecil dan dangkal, yang warna airnya hijau. Kita bisa menikmati pertemuan antara kedua sungai yang warna airnya berbeda ini. Saya beruntung bisa duduk di paling depan sehingga bisa menikmati pemandangan di kanan-dan kiri sungai juga masih asri, dan udaranya juga masih segar, tapi ini masih belum seberapa dibandingkan yang akan kami dapat di Curug Cikaso nanti.

pangkalan perahu
pertemuan 2 sungai yang warna airnya beda
perjalanan naik perahu
tempat pemberhentian perahu
Perjalanan naik perahu menuju Curug Cikaso hanya sekitar 15 menit. O iya, durasi main-main di Curug Cikaso ini dibatesin, yaitu cuma 3jam, katanya sih biar nggak terlalu penuh. Selama kami di sini, kami ditemani seorang tour guide. Setelah sampai sana kami foto bersama terlebih dulu sebelum main di air terjun. Karena hari itu kami dateng pagi banget, jadi curugnya masih sepi, bahkan cuma kami yang ada di sana. Saya takjub karena ternyata curugnya lebih bagus daripada yang di foto-foto. Yang istimewa dengan Curug Cikaso ini adalah airterjunnya ada tiga sekaligus. Beruntung hari itu kami datang pagi karena kami juga dimanjakan dengan pemandangan pelangi di mana-mana karena posisi matahari yang pas.

pemandangan alam yang masih asri
bidadara mandi di kali
bukan laskar pelangi
indahnya pelangi di atas batu besar
perjuangan menuju batu besar
bukan laskar pelangi II
pelanginya keren banget
tiga air terjun dengan pelangi
Setelah 3jam bermain-main, kami mampir dulu di sebuah warung makan di dekat tempat angkot Pak Budi parkir. Kami memesan Ayam goreng, sayur kangkung dan tahu tempe dan sekalian numpang mandi. Pukul 11 pagi kami kembali ke Surade. Sesampainya di Surade kami sudah ditunggu teman Pak Budi yang akan membawa kami ke Terminal Degung dengan mobil Elf-nya. Perjalanan menuju Degung ini berlangsung 4 jam tanpa melewati Terminal Lembursitu, tempat yang 2 hari sebelumnya membuat kami stress. Setelah sampai di Degung, kami menyempatkan dari untuk shalat dan makan Bakso, sebelum naik bus MGI menuju Bandung.

Kami sampai di Terminal Leuwi Panjang pukul 20.00, setelah itu kami mencarter angkot sampai kosan Mahdan. Kami sampai di kosan Mahdan pukul 20.45. Setelah istirahat sebentar, kami bersama-sama menuju warung makan Bebek di daerah RS Boromeus. Dan perjalanan 3 hari kami pun diakhiri dengan makan bebek bersama.

Review Hari Ketiga

12.00 - 15.40 Perjalanan ke Terminal Degung, Sukabumi

15.40 - 16.00 Istirahat, sholat, makan
16.00 - 20.00 Perjalanan dari Sukabumi ke Terminal Leuwi Panjang

20.00 - 20.30 Perjalanan menuju kos Mahdan (Tubagus Ismail)

Biaya

Angkot ke Cikaso = Rp16.000,-

Makan Pagi di Cikaso = Rp 13.000,- (nasi+ayam+tahu tempe+sayur kangkung+pisang)

Elf ke Terminal Degung = Rp 22.000,-

Makan siang = Rp 15.000,- (miebakso+es teh, mahal banget)

Bus MGI AC (Sukabumi - Bandung) = Rp 21.000,-

Angkot ke kos Mahdan = Rp 7.000,-

Makan Malam = Rp 20.000,- (bebek goreng+nasi 2 porsi+es teh)

Total Biaya (Hari Ketiga) =Rp 93.000,-

Total Biaya Selama 3 Hari = Rp 106.500,00 + Rp 62.500,00 + Rp 93.000,00 = Rp 262.000,00 (galat Rp 20.000,00)